
DAARUL IHSAN ISLAMIC BOARDING SCHOOL
MTs DIIBS PUTRA – PUTRI
ASRAMA & FULL DAY
DAARUL IHSAN ISLAMIC BOARDING SCHOOL
Pendidikan sebagai proses penguatan dan pembersamaan tumbuh kembang pribadi seseorang melalui pola asuh, pola ajar, pola didik, dan pola habituasi kerap dilakukan secara formal oleh sekolah. Hadirnya sekolah memberikan layanan akademik kepada peserta didik sesuai tuntutan dan harapan orang tua yaitu beroleh buah hati tercinta menjadi pribadi yang saleh dan cerdas.
Menunjang efektifitas program penguatan kesalehan dan kecerdasan peserta didik, MTs Daarul Ihsan Islamic School Putra-Putri (Asrama dan Full day) sebagai salah satu lembaga pendidikan formal terbaik di Banjarbaru Kalsel menyelenggarakan pendidikan pengasuhan atau keasramaan (boarding) dan layanan pendidikan full day dengan fokus pada aspek Al Quran, diniyah (pendidikan Al Islam), akademik, bahasa Arab, dan adab.
MTs DIIBS Putra-Putri hadir untuk memenuhi visi besar Yayasan Al Hafiizh yaitu “Mengembangkan lembaga pendidikan, dakwah, dan sosial yang menguatkan hafalan, pemahamaan, dan pengamalan Al Qur’an“.
JENGJANG PENDIDIKAN MTs
- MTs DIIBS setingkat SMP adalah jenjang pendidikan dasar pada pendidikan formal yang ditempuh setelah lulus SD/sederajat;
- Berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa;
- Bertujuan mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
- Domain akademik pada pendidikan MTs meliputi aspek sikap, pengetahuan, serta keterampilan.
JAMINUAN KUALITAS LULUSAN
Aspek Sikap
- Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME;
- Berkarakter, jujur, peduli, bertanggungjawab, dan mandiri;
- Pembelajar sejati sepanjang hayat;
- Sehat jasmani dan rohani.
Aspek Pengetahuan
- Pengetahuan faktual (teknis dan spesifik sederhana);
- Pengetahuan konseptual (terminology klasifikasi, kategori, prinsip, generalisasi dan teori);
- Pengetahuan prosedural (pengetahuan tentang cara melakukan kegiatan);
- Metakognitif (menggunakan pengetahuan teknis dan spesifik).
Aspek Keterampilan
- Kreatif,
- Produktif,
- Kritis,
- Mandiri,
- Kolaboratif, dan
- Komunikatif.
Aspek Kekhasan DIIBS
- Tahsin & Tahfidz Quran,
- Pembiasaan ibadah,
- Kajian kitab aqidah, fikih dan adab,
- Amal salih,
- Life skill/ kreatifitas,
- Basic Leadership,
- Muhadatsah/ conversation (Arab/ Inggris),
- Mastery learning.
PENDEKATAN DAN ORIENTASI
Pendekatan MTs DIIBS Putra-Putri 4H: Hommy, Habit, Harmony, dan Hight Attention berorientasi pada:
- DIIBS sebagai wiyata, lingkungan pendidikan DIIBS sebagai wadah proses pembelajran yang mengimplementasikan pada pola asuh (Parenting), Pola ddidk (kompetensi), pola ajar (ekstar dan kokulikuler), dan habituasi (karakter/ life skill);
- DIIBS sebagai madrasah diniyah karekter khas madrasah religious oriented, DIIBS meletakkan dasar pendidikan keagamaan yang kuat dan kegiatan yaumiyah secara konsisten;
- DIIBS unggul/excellent, DIIBS dirancang menjadi sekolah tahfidz yang unggul, memiliki kinerja dan mutu pendidikan yang berdaya saiang (competitiveness) melalui pembelajaran yang interaktif;
- Pola pembelajaran 3M (mudah, menyenangkan, dan menguatkan karakter serta interaktif) dengan menerapkan model, pendekatan, metode, strategi, teknik pembelajaran.
MUTU KURIKULUM
- Kurikulum Kementrian Agama;
- Kurikulum Kementrian Pendidikan dan Kebudayaaan;
- Kurikulum Tahfidz Qur’an;
- Kurikulum Diniyah;
- Kurikulum Kepengasuhan (asrama);
- Kurikulum Ekstakulikuler.
SUSUNAN MATA PELAJARAN

KURIKULUM DINIYAH & AL QURAN
- . Hafalan Al Quran : Boarding: Ziyadah 5 juz, mutqin 3 juz, Ziyadah 10 juz, mutqin 5 juz, Ziyadah 15 juz, mutqin 7 juz. Reguler : Ziyadah 3 juz, mutqin 3 juz
- Mata Pelajaran Diniyyah (Nahwu, Sharof, Imla/Kitabah)
- Buku-buku: 3 Bahasa, Tarikh, Hadits Tematik, Panduan Sholat, Zikir dan Doa, Doa dan Adab, Mutun, Tajwid dan Garib Kajian Umum : Tafsir Jalalain, Kitab Tauhid, Kitab Fiqih, Kitab Sirah, Kitab Akhlaq.
PEMBELAJARAN
- Menerapkan model, strategi, pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi yang akan dikuasai siswa (akademik, diniyah, Al Quran, kepengasuhan, dan life skill),
- Bantuan/bimbingan akademik kepada siswa untuk belajar mandiri/ berkelompok, dengan lembar kerja,
- Bantuan / bimbingan akademik kepada siswa untuk belajar tuntas dengan modul pembelajaran
POLA ASUH
- Rentang usia 12-16 tahun;
- Fase murahaqah/ pubersitas dan syabab/tumbuh;
- Tahap kemitraan (rofiquhum);
- Penguatan identitas diri terhadap lingkungan sekitarnya;
- Modalitas belajar dan potensi kecerdasan berkembang;
- Pengakuan dan pembersamaan;
- Berfikir dan bertindak mandiri;
- Mencoba dengan banyak alternatif;
- Bersikap kritis;
- IT minded.
DAY TO DAY ACTIVITY
- Tidy Up, Rapi-Rapi,
- Tahajud Mandiri
- Muraja’ah Mandiri
- Tadarus Antara Azan & Iqomah
- Sholat Subuh
- Dzikir Pagi, Tahfidz Al-Qur’an Dan
- Sholat Dhuha
- Piket Area
- Makan Pagi
- Persiapan Sekolah/Setoran Kamus
- Pembelajaran Akademik
- Shalat Dzuhur Dan Makan Siang
- Istirahat Tidur Siang/Keperluan Pribadi
- Mandi Sore Dan Merapikan Kamar
- Shalat Ashar Dan Dzikir Sore
- Piket Area
- Pembelajaran Kitab Nahwu Dan Sharaf
- Istirahat
- Makan Malam
- Shalat Magrib Dan Surah Pilihan
- Buku Saku Halaqoh
- Sholat Isya
- Tahfidz Al Qur’an Muroja’ah
- Piket Dan Persiapan Aktifitas Besok
- Tidur Malam
KEGIATAN FAKULTATIF
- Masa Orientasi Pengenalan Program DIIBS,
- Peringatan Hari Besar Islam,
- Peringatan Hari Besar Nasional,
- Out bond,
- Study excursion,
- Muqoyyam,
- Munaqosyah/ imtihan,
- Sains activity,
- IT based learning,
- Pekan kreatifitas,
- Teenpreneur,
- Wisuda/ akhirussanah.
EKSTRAKURIKULER






FASILITAS
- Ruang kelas @ 24 siswa,
- Asrama Ber AC @ 6 siswa,
- Lapangan futsal dan olah raga,
- Area upacara,
- Ruang Laboratorium serba guna (computer & sains),
- Ruang Ibadah Ber AC (shalat, ta’lim)
- Ruang makan,
- Ruang pimpinan, guru, staf,
- Ruang kantin,
- Ruang konseling.














PRESTASI
- Juara 2 Bidang Studi IPA Dalam Ajang KSN (Kopetensi Sains Nasional) Tingkat Kab/Kota, Tahun 2021
- Juara 4 Bidang Studi IPA Dalam Ajang KSN (Kopetensi Sains Nasional) Tingkat Kab/Kota, Tahun 2021
- Juara 4 Bidang Studi Matematika Dalam Ajang KSN (Kopetensi Sains Nasional) Tingkat Kab/Kota, Tahun 2021
- Juara 1 Bidang IPS Dalam Ajang KSM (Kopetensi Sains Madrasah) Tingkat Kab/Kota, Tahun 2021
- Juara 3 Bidang IPA Dalam Ajang KSM (Kopetensi Sains Madrasah) Tingkat Kab/Kota, Tahun 2021
- Juara 1 Pancak Silat Putra dalam ajang Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KONS ) Tingkat SMP Sederajat se kota Banjarbaru, Tahun 2021,
- Perwakilan Kota Banjarbaru dalam ajang Kompetisi Olahraga Siswa Nasional Lomba KONS (Pancak Silat Jurus Tunggal Putra) Tingkat Nasional,
- Juara 3 Silat Kompetesi Olahraga Siswa Nasional (KONS)Tingkat Kota Banjarbaru Tahun 2022,
- Juara 4 Qori HUT MAN Banjarbaru, Tahun 2022
- Juara 2 Da’i HUT MAN Banjarbaru, Tahun 2022
- Juara harapan 1 Da’i HUT MAN Banjarbaru, Tahun 2022
- Juara Harapan 3 Da’i HUT MAN Banjarbaru
- Juara 1 Lomba Futsal HUT MAN 4 Banjar Tingkat Kab/Kota Banjarbaru.